Tips Membaca Buku Cepat Ala Bookcircle

thumbnail

Hallo gaes. Temen-temen semua butuh berapa hari untuk membaca sebuah buku nih gengs ? hayoo ngaku. Seminggu ? Sebulan ? Atau bahkan ga pernah selesai :v
Kali ini mimin bakal kasih tips nih ke kalian semua supaya kamu bisa baca buku dengan cepat layaknya bucin yang otw kerumah pacar pas dengan kabar doi lagi di rumah sendirian, hehe. Cekidot

1. Fokus

Kefokusan membaca merupakan hal terpenting dalam membaca cepat. Terkadang kita sering di alihkan dengan hal-hal lain yang dapat mengurangi fokus kita dalam membaca. Contoh kecil yang membuat kita memjadi tidak fokus dalam membaca ialah notifikasi handphone. Jika mendengar notifikasi handphone, kita pasti akan tergiur untuk membuka pesan atau notifikasi yang masuk ke handphone kita. Sehingga boleh jadi malah kita tidak jadi untuk membaca buku. Jadi saran dari mimin kalo bisa jauh-jauh deh dari gadget yang kalian punya. Luangkan waktu 1 atau 2 jam yang dimana waktu tersebut kita gunakan untuk benar-benar fokus untuk membaca buku.

2.Pasang Target

Pasang target? Emang perlu yah? yaa, tips ini berguna juga loh buat ningkatin kecepatan baca kita. Pasang target dalam jangka waktu berapa menit kalian harus telah membaca berapa halaman. Sehingga kalian dapat terpacu untuk cepat menyelesaikan bacaan buku kalian. Eits, tapi jangan cuma di baca lalu di lupain gitu aja yah. Jangan samakan buku dengan wanita yang telah kalian sakiti. wkwk.

3.Jangan Menggumamkan Bacaan

Hayoo, siapa yang kalo baca buku sering di bergumam. Menggumamkan bacaan tau nggak ? Ha ? Nggak tau ? Ya ampuunn, itu loh yang hmmm hmmm hmmm 10 jam kaya lagunya nissa sabyan :v Hehe . Kenapa hayo ga boleh ? Karena, usut punya usut ternyata menggumamkan bacaan itu mengurangi tingkat kecepatan bacaan kalian loh gengs. Sebaiknya baca bacaan kalian dalam hati aja yaaa. Cukup kamu dan tuhan saja yang tau 😀

4.Atur Jarak Pandang

Jarak pandang juga berpengaruh loh dengan kecepatan bacaan kita. Jarak pandanga yang baik kurang lebih 30cm dari mata kita ke buku yang sedang kita baca. Jangan terlalu deket ya gaes, nanti juling. Jangan terlalu jauh juga, nanti dia di ambil sama yang lain. Eh, maksudnya nanti nggak keliatan 😀

5. Jangan Ulangi Bacaan

Membaca buku juga memerlukan konsentrasi yang baik loh gaes. Jaga fokus kalian supaya tidak salfok (salah fokus) dengan hal-hal lainnya. Hindari tempat-tempat bising yang akan mengganggu konsentrasi membaca buku kita. Sehingga kebiasaan mengulangi bacaan bisa terkurangi loh.

6. Jangan baca tiap kata

Rata-rata orang dewasa hanya bisa memindai bacaan dari 3 kata sampai 5 kata dalam 1 baris kalimat. Coba deh selesaikan satu baris kalimat kecil dalam sati kali penglihatan atau pemindaian. Cara ini cukup penting supaya kamu nggak baca kata demi kata, sehingga proses baca mu akan lebih cepat. Kalo hal ini dirasa sulit. Coba deh latihan dengan menunjuk kalimat yang sedang kalian baca untuk memandu mata supaya fokus.

7. Perbanyak Kosa Kata

Pernah nggak sih kalian kalo lagi baca di hadapkan dengan kata-kata yang nggak kalian pahami. Jika kalian searching arti dari kosa kata yang nggak kalian pahami tersebut , pasti akan memakan waktu lama. Dan jika kalian melewati kosa kata tersebut dan lanjutin bacaan kalian, otomatis kalian akan kesulitan dalam mencerna maksud dari bacaan kalian. Jadi tips dari mimin, banyak-banyak lah menambah kosa kata. Jika kosa kata kita banyak, maka secara otomatis kemampuan membaca cepat kita akan semakin baik.

8. Banyak-banyak baca buku

Tips terakhir dari mimin yaitu banyak-banyakin deh baca buku. Nggak cuma berlaku di bidang musik, olahraga, dan yang lainnya. Sering membaca buku juga akan meningkatkan skill kalian. Dengan sering membaca buku , secara otomatis kemampuan membaca mu akan menjadi semakin terasah , banyak kosa kata baru yang akan kalian dapat, dan juga kemampuan memahami suatu bacaan juga akan semakin meningkat. sehingga kemampuan membaca jauh lebih cepat dari pada sebelumnya.

Oke mungkin cukup sekian tips-tips baca buku cepat yang bisa mimin kasih tau nih ke kalian. Lebih rajin baca buku ya gaes. Supaya ilmu dan wawasan kita menjadi semakin bertambah. Dan jangan lupa baca buku di aplikasi bookcircle ya gaes. Ehehe, promo sekalian :v . Oke sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top